Mengobati Ambeien Pasca Melahirkan

Mengobati ambeien pasca melahirkan – Ambeien merupakan permasalahan penyakit yang sering terjadi bagi ibu hamil setelah melahirkan. Ambeien adalah kondisi dimana bibir anus mengalami peradangan atau pembengkakan yang ditandai adanya benjolan. Kondisi ini bisa terjadi karena selama masa kehamilan ibu hamil cenderung mengalami sembelit alias kesulitan BAB (buang air besar). BAB yang keras dan susah lama kelamaan memicu timbulnya penyakit ambeien ini. Ada banyak faktor yang menyebabkan ambeien dapat terjadi.



Berikut beberapa faktor yang menimbulkan ambeien muncul, khususnya bagi wanita setelah melahirkan:

  1. Kurangnya serat pada makanan yang dikonsumsi pada saat masa kehamilan. Kebutuhan akan serat pada makanan sangat dibutuhkan pada saat masa kehamilan. Ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi makanan berserat tinggi agar nantinya setelah melahirkan tidak ada keluhan. BAB yang lancar dapat menghindari adanya penyakit ambeien yang muncul.
  2. Terlalu lama duduk. Sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk melakukan aktivitas sehat di masa kehamilan. Seperti halnya berjalan-jalan, mengerjakan pekerjaan rumah yang ringan namun dapat membantu kesehatan ibu hamil dan bayi dalam kandungannya.
  3. Adanya perubahan hormon esterogen pada ibu hamil yang meningkat. Tidak dapat ditolak bila hormon tertentu pada ibu hamil mengalami peningkatan namun kembali lagi, tidak ada salahnya selama proses kehamilan ibu hamil senantiasa aktif melakukan aktivitas sehat seperti tersebut di atas.

Itulah beberapa faktor penyebab ambeien muncul pada ibu hamil. Lantas bagaimanakah mengobati ambeien pasca melahirkan tersebut bila terlanjur terjadi? Aktivitas mungkin sudah jelas terganggu, dan mungkin untuk ibu yang setelah melahirkan akan merasakan kesakitan atas gangguan penyakit ini, karena pada masa ini ibu hamil masih dalam masa tidak bisa kemana-mana kecuali duduk dan berbaring.

Untuk mengobati sakit ambeien ini, anda dapat mengonsultasikan pada dokter. Periksakan pada dokter tentang keluhan ambeien yang terjadi pada anda setelah melahirkan ini agar obat yang diberikan sesuai dengan gejala yang terjadi pada anda. Solusi lainnya jika anda merasa malas untuk pergi ke dokter, anda dapat mengobatinya dengan cara herbal yang sudah disediakan di pasaran. Misalnya seperti obat herbal yang dijual via online.

Berikut obat ambeien yang bisa saya sarankan seperti, ambejoss de nature, obat ini terbuat dari bahan-bahan alami seperti daun ungu, mahkota dewa dan kunyit putih, yang berkhasiat menghilangkan ambeien yang terjadi pasca melahirkan.

Selain diatas berikut juga yang seharusnya dilakukan untuk mengatasi ambeien setelah melahirkan:

  1. Makanlah makanan yang berserat tinggi khususnya buah dan sayuran agar BAB dapat keluar lancar sehingga anus tidak terlalu sakit sehingga dapat mengurangi tekanan pada anus saat BAB.
  2. Minumlah banyak air putih sesuai anjuran ideal 2 liter dalam sehari.
  3. Jangan duduk terlalu lama. Usahakan berbaringlah dan tidur dengan posisi miring agar anus tidak tertekan.
  4. Kurangi makanan yang pedas selepas melahirkan. Selain dalam upaya mengobati ambeien, menghindari makanan pedas juga baik untuk ibu menyusui.
  5. Hindari mengejan terlalu keras saat BAB. 
  6. Jangan menunggu nanti-nanti saat tubuh merasa ingin buang air besar.

Dengan mengikuti beberapa langkah hidup sehat diatas, diharapkan dapat mengatasi dan mengobati adanya ambeien yang menyerang tubuh. Ketidaknyamanan ambeien setelah melahirkan sebaiknya menjadi peringatan bagi ibu hamil agar senantiasa melakukan hidup sehat semasa kehamilan agar tidak ada kendala, apalagi setelah melahirkan memang banyak pantangan yang harus dihindari.
Demikian tentang cara mengobati ambeien pasca melahirkan. Semoga menjadi pembelajaran yang bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar